Anggota DPR RI Netty Prasetiyani Hadiri Sosialisasi BKKBN di Pacet Bandung, ini Pesannya

TOPIKINI, PACET BANDUNG – Bertempat di Aula Bani Adhafi Komplek BLK Pengolahan Hasil Pertanain, Jl. Raya Pacet, Cibangoak, Kabupaten Bandung, Senin (06/09/2021), Anggota DPR RI Komisi IX Netty Prasetiyani, bersama Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Perwakilan Provinsi Jawa Barat, menggelar Sosialisasi Penguatan Pendataan Keluarga dan Kelompok Sasaran Bangga Kencana di Wilayah Kabupaten Bandung dan Bandung Barat Tahun 2021.

Kegiatan dibuka oleh Kepala Dinas PPKBP3A Kabupaten Bandung, Muhammad Hairun, disambung oleh Wahidin, selaku Kepala Perwakilan BKKBN Jawa Barat yang memberikan Laporan Kegiatan Bangga Kencana.

“Tahun 2020, BKKBN seharusnya melaksanakan hajatan besar 5 tahunan yaitu Pendataan Keluarga. Namun dikarenakan pandemi Covid-19, Pendataan Keluarga ditunda pelaksanaannya menjadi tahun 2021. Pendataan Keluarga dilaksanakan secara serentak di Indonesia termasuk tentunya di Provinsi Jawa Barat yang merupakan provinsi dengan jumlah penduduk terbanyak di Indonesia”, lapor Wahidin.

Turut hadr, Dwi Listyawardhani, Plt. Deputi Pengendalian Penduduk BKKBN, yang memaparkan materi mengenai pentingnya perencanaan keluarga, sebagai dasar mewujudkan keluarga Indonesia yang berkualitas, mulai dari perencanaan pernikahan, kehamilan, dan kelahiran.

Menjadi narasumber utama dalam kegiatan ini, Netty Prasetiyani mengatakan bahwa Allah SWT berfirman “Ya ayyuhalladhina amanu qu anfusakum wa ahlikum naron” yang artinya Wahai orang beriman, jagalah dirimu dan keluargamu dari neraka. “Tugas kita hari ini adalah bagaimana caranya menjaga dan melindungi keluarga kita”, ujar Netty.

”Meningkatkan kualitas SDM atau keluarga melalui penerapan program Bangga Kencana secara luas, dan pentingnya sosialisasi tersebut bertujuan sebagai perencanaan. Karena membangun sebuah keluarga pun dimulai dari sebuah perencanaan,” tutup Netty.

Kegiatan yang dihadiri oleh 180 orang peserta sasaran Bangga Kencana di wilayah Pacet Kabupaten Bandung, turut dihadiri Ahmad Heryawan dan Diah Nurwitasari sebagai perwakilan tokoh masyarakat Kabupaten Bandung, merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh BKKBN Perwakilan Jawa Barat dan salah satu bentuk implementasi tugas serta fungsi legislatif Komisi IX DPR RI sebagai mitra kerja BKKBN, yang senantiasa tanpa henti terus berupaya mensosialisasikan program-program BKKBN dalam rangka peningkatan kualitas keluarga di Indonesia.(Relis)