Andi Ruskati; 5 Tujuan Program Keluarga Berencana

12
Andi Ruskati (tengah)

TOPIKINI, MAJENE – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional kembali menggelar sosialisasi PK dan Kelompok Sasaran Bangga Kencana Bersama Mitra BKKBN Provinsi Sulawesi Barat tahun 2021, Minggu (04/04/2021) di lingkungan Tamo kelurahan Baurung kecamatan Banggae Timur kabupaten Majene Sulawesi Barat.

Hadir dalam acara tersebut, Anggota Komisi X DPR RI, Dra.Hj Andi Ruskati Ali Baal sebagai narasumber. Andi Ruskati menyampaikan paparan tentang Tujuan program Keluarga Berencana yang sudah di luncurkan pemerintah sejak tahun 1970.

“Keluarga berencana kerap disalahartikan sebagai program menolak kehadiran anak. Padahal, faktanya tidak demikian. Tujuan dan manfaat program keluarga berencana justru sangat baik demi mewujudkan keluarga sehat, bahagia, dan sejahtera,” tutur Andi Ruskati dihadapan puluhan peserta sosialisasi.

Menurut Andi, setidaknya ia mencatat ada lima tujuan pokok program Keluarga Berencana, yaitu:

  • Membentuk keluarga kecil sejahtera, sesuai dengan kondisi ekonomi keluarga tersebut
  • Mencanangkan keluarga kecil dengan cukup 2 anak
  • Mencegah terjadinya pernikahan di usia dini
  • Menekan angka kematian ibu dan bayi akibat hamil di usia yang terlalu muda atau terlalu tua, atau akibat penyakit sistem reproduksi.
  • Menekan jumlah penduduk serta menyeimbangkan jumlah kebutuhan dengan jumlah penduduk di Indonesia.

“Kalau kita lihat dari tujuannya, tentu kita akan setuju bahwa program KB tersebut sangat baik bagi kita. Dan Negara juga perlu mengatur laju pertumbuhan penduduk agar tercipta masyarakat yang sejahtera,” tambah ketua Tim penggerak PKK Sulawesi Barat itu.

Selain tujuan, Politisi Gerindra itu juga membeberkan manfaatnya yang juga sangat baik bagi masyarakat, terutama untuk menghasilkan keluarga yang berkualitas.

Menurut Istri gubernur Sulawesi Barat itu, setidaknya ada 6 manfaat mengikuti program Keluarga Berencana, yaitu:

  1. Menjaga kesehatan ibu dan bayi
  2. Mendorong kecukupan ASI dan pola asuh yang baik bagi anak
  3. Mencegah kehamilan yang tidak direncanakan
  4. Mencegah penyakit menular seksual
  5. Menurunkan angka kematian ibu dan bayi
  6. Membentuk keluarga yang berkualitas

Acara sosialisasi ini dihadiri sekitar enam puluh orang warga Tamo Baurung. Warga sangat antusias mendengarkan paparan dari wakil mereka di Senayan itu. Warga juga bias membawa pulang bingkisan yang disediakan panitia.(wek)

Loading...