Anak Petani Sawahlunto Wakili Sumbar Jadi Paskibraka Di Istana Negara

433

TOPIKINI – Seorang anak petani di Sawahlunto, terpilih mewakili Sumatera Barat sebagai anggota Paskibra di istana negara Jakarta. Pasangan Mustakmal 46 tahun dan Junisma Wadrianis 43 tahun, tak henti-hentinya bersyukur, mendapatkan kabar bahwa anak bungsunya Roni Kurniawan, 17 tahun, lolos seleksi Paskibra nasional, dan dikirim ke Jakarta.

Ada rasa haru dan bangga di wajah warga jalan Ujung Karang, desa Batu Tanjung, kecamatan Talawi, kota Sawahlunto ini.

Sebab, saingannya sangat berat. Di kota Sawahlunto saja, ada 200 orang anak yang diseleseksi oleh Dispora Sawahlunto, dari berbagai sekolah di kota tambang batubara tersebut.

Ketika Roni Kurniawan bersama tiga orang teman lainnya terpilih mewakili kota Sawahlunto untuk mengikuti selelksi tingkat propinsi, ayah dua anak ini masih belum begitu yakin, bahwa anaknya yang akan lolos ke tingkat nasional.

Namun begitu dinyatakan lolos dan terpilih ke tingkat nasional, pria yang sehari-hari berprofesi sebagai petani ini, sedikit ragu. Sebab, yang terbayang dalam kepalanya adalah, bagaimana biayanya ke Jakarta.

Apalagi penghasilnnya sebagai petani yang hanya sekitar Rp 1,5 juta per bulan, hanya cukup untuk makan sehari-hari anggota keluarganya. Namun semua itu terjawab ketika diberitahukan bahwa untuk keberangkatkan ke Jakarta, ditanggung sepenuhnya oleh Dispora propinsi.

“Kami tidak percaya karena saingannya banyak sekali waktu seleksi di tingkat provinsi dan saya memang kurang yakin dia akan lolos ke tingkat nasional, tapi ternyata dia lolos ke tingkat nasional, saya sangat bersyukur sekali,” kata Mustakmal, ayah Roni Kurniawan.

Pemerintah kota sawahlunto sendiri sangat bangga, warganya terpilih sebagai anggota paskibra nasional utusan sumatera barat. ini merupakan perristiwa yang kedua kalinya terjadi, setelah era tahun 80-an dulu.

sekda sawahlunto, rovanly abdam, mengatakan, mereka juga berharap agar roni kurniawan dapat terpilih sebagai pengerek bendera merah putih di istana negara, agar nama kota sawahlunto juga terangkat ke tingkat nasional.

“Kami sebagai pemerintahan kota Sawahlunto sangat berbangga dengan terpilihnya Roni Kurniawan, bahwa sejarah terulang kembali, sejak tahun 80, barulah kali ini kembali warga Sawahlunto menjadi anggota Paskibraka, tentu kepada Roni Kurniawan kita berharap eksistensinya dapat membanggakan Sawahlunto bahkan Sumatera Barat,” ucap Rovanly Abdams, Sekda Sawahlunto.

Roni Kurniawan adalah anak bungsu dari dua bersaudara. Kakaknya seorang perempuan yang sudah tamat dari akademi kesehatan, dan kini bekerja di sebuah klinik kesehatan di kota Sawahlunto. Sejak SMP, Roni memang aktif mengikuti kegiatan baris-berbaris.

Ketika mengikuti perlombaan baris-berbaris tingkat SMP se-kota Sawahlunto, sekolahnya meraih juara satu.

Sejak itu, Roni memiliki cita-cita untuk menjadi anggota Paskibra nasional. Hal itu disampaikan langsung kepada ayahnya. Ayahnya dan ibunya mendukung penuh. Hal itu berlanjut sampai masuk SMA Negeri 2 Sawahlunto. (Dio)

Loading...