5 Hal Tentang Creatine Yang Perlu Anda Ketahui

28

TOPIKINI – Creatine merupakan jenis suplemen asam organik yang memiliki kandungan nitrogen serta didapat dari hewan vertebrata. Tujuan dari penggunaan creatine biasanya digunakan untuk melakukan latihan fisik yang intensif.

Sekilas bahwa creatine memiliki dampak yang baik bagi tubuh. Namun banyak orang yang tidak tahu apa itu creatine dan menganggap bahwa creatine merupakan suplemen yang tidak direkomendasikan. Alasannya karena creatine memiliki efek samping dari kerusakan ginjal hingga gangguan masalah pencernaan.

Bila dikonsumsi dengan takaran dan dosis yang tepat, sebenarnya creatine sangat berguna dan bermanfaat bagi tubuh, ini tidak hanya berguna untuk latihan fisik, tetapi juga berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit atau menjaga kebugaran tubuh.

Jika Anda berminat untuk mencoba creatine, hal yang dapat dilakukan adalah dengan mencari berbagai rekomendasi creatine yang ada di pasaran. Supaya Anda tahu lebih jauh mengenal creatine, artikel ini akan membahas mengenai 5 hal tentang creatine yang harus Anda ketahui. Mari kita simak ulasannya!

1. Mampu Meningkatkan Massa Otot

Hal pertama yang perlu diketahui tentang creatine adalah bahwa produk ini mampu untuk meningkatkan massa otot baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Salah satu penelitian dari The Journal of Gerontology menunjukkan bahwa creatine tidak hanya terbukti dalam meningkatkan massa otot, tetapi juga mampu untuk menguatkan otot kaki.

Hal yang harus diperhatikan adalah bahwa efek pertumbuhan massa otot yang dihasilkan oleh creatine harus diikuti dengan latihan fisik. Adalah mustahil pertumbuhan otot dapat tanpa diiringi dengan latihan seperti workout atau jenis olahraga lainnya.

2. Sangat Baik Mengatasi Penyakit Neurologis

Bila Anda mengkonsumsi creatine, manfaat yang dapat dirasakan adalah otak Anda akan terhindar dari berbagai macam penyakit otak seperti Alzheimer, epilepsi, stroke iskemik, dan parkinson.

Lebih lanjut lagi creatine akan sangat membantu dalam mengatasi penyakit neurologis khususnya bagi para vegetarian, hal ini dikarenakan creatine mampu menjadi pengganti daging dimana vegetarian memiliki kadar creatine yang rendah dalam tubuh.

Sumber utama creatine biasanya ada pada daging. Para vegetarian yang mengalami penyakit neurologis akan sangat terbantu dengan kehadiran creatine yang membantu mereka dalam memulihkan kesehatan otak atau neurologis.

3. Creatine Membantu Performa Latihan Fisik

Selain menguatkan massa otot, creatine juga mampu meningkatkan performa latihan fisik saat workout atau kegiatan olahraga lainnya. Ini dibuktikan dengan penelitian dari Volek J.S dan Rawson E.S yang menyimpulkan bahwa creatine dapat meningkatkan performa latihan fisik sebesar 8% dan angkat besi sebesar 14%.

Intinya creatine adalah suplemen yang sangat cocok digunakan pada saat latihan intens. Ini dibuktikan dengan Penelitian lain dari Acta Physiologica Scandinavica, yang mengatakan bahwa mengkonsumsi creatine dapat meningkatkan performa latihan bersepeda sebanyak 15% dalam jangka waktu 28 hari.

4. Waktu yang Tepat untuk Dikonsumsi

Untuk mampu meningkatkan massa otot, mengatasi masalah neurologis, atau meningkatkan performa saat latihan secara maksimal, ternyata creatine adalah suplemen yang harus dikonsumsi di waktu yang tepat.

Pemakaian creatine yang paling baik dilakukan adalah saat sebelum dan sesudah latihan. Bila dikonsumsi di waktu dan takaran yang tepat, maka khasiat dari creatine akan sangat terasa dalam tubuh. Begitu juga sebaliknya, creatine yang tidak dikonsumsi dalam takaran dan dosis yang pas bisa menyebabkan efek samping seperti diare, kembung, kram atau dehidrasi.  

5. Bentuk Bubuk Adalah yang Terbaik

Creatine memiliki banyak macam bentuk. Beberapa di antaranya seperti pil, bubuk dan likuid. Namun bentuk creatine yang paling baik untuk dikonsumsi adalah yang berbentuk bubuk.

Creatine dalam bentuk bubuk adalah yang paling direkomendasikan. Alasannya bentuk bubuk dari creatine sangat gampang terserap oleh tubuh dengan sempurna, tanpa kehilangan sumber kebaikan atau kandungan yang ada di dalam creatine. 

Catatan

Hal lain yang perlu Anda ketahui tentang creatine adalah bahwa produk ini sangat bisa dicampur dalam berbagai bentuk minuman, entah itu air, susu, jus atau smoothie.

Tidak ada masalah bila Anda mencampurnya, karena mencampur creatine dengan minuman lain dapat membuat Anda lebih nikmat dalam mengkonsumsi creatine dan tentunya tetap dapat terserap dengan cepat dalam tubuh.

Itulah kelima hal tentang creatine yang harus diketahui. Semoga Anda mendapat creatine yang mampu membuat tubuh tetap sehat dan prima. Selamat Mencoba!

Loading...