Teluk Bayur Tercemar Minyak Olahan Kelapa Sawit

157

TOPIKINI.COM – Minyak olahan kelapa sawit tumpah ke laut di pantai Teluk Bayur Padang, Kamis (28/9) pagi. Pipa tangki minyak ini diduga bocor, ketika hENdak dimuat ke atas kapal, hingga mencemari laut seluas satu hektar.

Kebocoran berasal dari pipa tangki PT. Wira Inno Mas, pabrik pengolahan minyak kelapa sawit yang berlokasi di Bukit Peti-Peti, Teluk Bayur, Padang.

Limbah berupa bongkahan yang sepintas mirip serabut berwarna kekuningan tersebut memenuhi areal laut seluas hampir satu hektar, memanjang dari lokasi ujung pabrik hingga ke dermaga Teluk Bayur.

Minyak olahan kelapa sawit ini lama-kelamaan berbentuk padat, seperti bongkahan es. Menurut perkiraan, minyak olahan kelapa sawit yang tumpah ini mencapai 50 ton.

Seharusnya minyak olahan ini disuplai ke dalam kapal tangker menggunakan pipa. Namun karena pipanya bocor, sehingga minyaknya tumpah ke laut.

Bukan hanya pantai, cemaran minyak olahan kelapa sawit ini juga mencemari areal nelayan mencari ikan. Akibatnya perahu nelayan tidak ada yang bisa bergerak keluar untuk mencari ikan, karena lokasi tambat perahu mereka dikepung oleh limbah.

Petugas dinas lingkungan hidup pemko Padang, yang datang ke lokasi, enggan memberikan keterangan apapun.


“Maaf, saya belum bisa memberikan keterangan apapun. Nanti saja di kantor sama Kepala Dinas,” kata Desi, pegawai Dinas Lingkungan Hidup Pemko Padang.

Pencemaran limbah minyak olahan kelapa sawit ini terjadi sejak pagi hari, dan hingga siang hari, belum ada tanda-tanda usaha penanggulangannya. (dio)

Loading...