topikini.com@gmail.com

Tanggapi Pernyataan Anggota DPR, ini Kata Dirjen Keselamatan Kereta Api Kemenhub

Edi Nursalam , Dirjen Keselamatan Perkeretaapian Kementerian Perhubungan

TOPIKINI.COM – Kementerian Perhubungan menyelenggarakan Sosialisasi Keselamatan Kereta Api, Senin (23/10/2017) di dua tempat sekaligus, yaitu di hotel Pangeran beach dan Hotel Inna Muara Padang.

Dalam Sosialisasi itu, hadir Dirjen Keselamatan Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Edi Nursalam sebagai narasumber. Di Hotel Pangeran, lebih kurang seratus orang peserta dari pengurus mesjid yang berada disekitar jalur kereta api sepanjang stasiun Padang hingga Lubuk Buaya, hadir menyimak sosialisasi tentang keselamatan kereta api tersebut.

Dalam paparannya, Edi Nursalam sempat menyinggung tentang permintaan anggota DPR-RI Alex Indra Lukman kepada menteri perhubungan, tentang pemberhentian sementara operasional kereta api di Sumatera Barat sampai dipenuhinya standarisasi keselamatan. (Baca:Terkait Kecelakaan Kereta, Alex Indra Lukman Minta Menteri Perhubungan Hentikan Sementara Operasional Kereta di Sumbar).

“Beberapa waktu lalu anggota DPR-RI asal Sumatera Barat bapak Alex Indra Lukman menyampaikan permintaan pemberhentian operasional kereta di Sumbar, saya rasa ini positif, ini momentum agar negara hadir dan melindungi masyarakatnya terutama di perlintasan sebidang yang tidak ada rambu-rambu ataupun palang pintunya,” ucap Dirjen.

Usai sesi pemaparannya, Nursalam kembali menegaskan kepada sejumlah wartawan yang mewawancarai.

“Saat ini negara nggak hadir, kita membiarkan orang menjadi korban, masyarakat kita kan nggak tau, ini perlintasan resmi, nggak resmi, nggak berizin yang penting saya lewat, siapa yang memikirkan? ya penyelenggara negara, siapa penyelenggara negara? ya mulai dari DPRnya, polisinya, dishubnya, kementrian perhubungannya, PT.KAInya, kita harus peduli, masa kita biarkan saja orang mati diperlintasan,” ucapnya panjang lebar.

Meski senada dengan apa yang disampaikan Alex Indra Lukman saat rapat Komisi V di DPR beberapa waktu lalu, namun menurut Nursalam kementrian perhubungan tidak akan menghentikan operasional kereta api di Sumatera Barat.

“Nggak..nggak, saya melihat itu aga sulit ya untuk menutup kereta, nanti dampaknya terlalu besar, sekarang jangan kita membakar lumbung gara-gara tikus gitu ya, tikusnya saja yang kita cari, jadi permasalahannya saja kita pecahkan,” tutupnya.

Kamis (19/10/2017) lalu, dalam rapat Komisi V DPR-RI, anggota DPR asal Sumatera Barat Alex Indra Lukman menyampaikan kepada Menteri Perhubungan Budi Karya Soemadi, untuk menghentikan sementara operasional kereta api hingga dipenuhinya standar keselamatan kereta api di Sumatera Barat.

Pernyataan Alex tersebut dilatari karna banyaknya korban yang berjatuhan terutama diperlinatasan sebidang sepanjang jalur kereta Padang ke Pariaman, semenjak kereta api dioperasikan kembali. Hal ini disampaikan Alex dengan maksud agar pemerintah segera membenahi sarana dan prasarana terkait keselamatan kereta api di Sumatera Barat.(art)

Loading...

Tinggalkan Balasan