Tak Digubris Pemerintah, Warga kabupaten Agam Patungan Perbaiki Jalan

6

TOPIKINI.COM – Masyarakat desa Limau Abuang yang terletak di jorong Sungai Guntuang, kenagarian Pasia Laweh, kecamatan Palupuah, kabupaten Agam, akhirnya menggalang donasi untuk perbaikan jalan ke kampung mereka, karena jalannya rusak.

Tokoh pemuda Limau Abuang, Doni April mengungkapkan bahwa kondisi jalan yang rusak ini sudah pernah disampaikan dan diusulkan ke pihak terkait baik itu pemerintahan nagari, pemerintah kabupaten maupun ke anggota DPRD Agam ataupun DPRD Sumatera Barat. Namun, sampai saat ini tidak ada realisasinya.

“Setelah sekian lama kami terdiam dan kami masih terus berusaha untuk kemajuan kampung kami. Kami tidak mungkin bisa bergerak dan melangkah sendiri tanpa bantuan dari berbagai pihak,” katanya, Kamis (21/12).

Ia menjelaskan, minimnya perhatian pemerintah membuat jalan utama sepanjang kurang lebih 2 kilometer itu jauh dari kata layak. Kondisi jalan yang masih berupa tanah dan berbatuan itu sering susah dilewati apalagi saat hujan.

“Pendakian sepanjang 30 meter yang kemiringannya 30 derajat pun akan mengancam kami kala musim penghujan tiba,” katanya.

Ia menyebutkan ada 80 kepala keluarga di Desa Limau Abuang yang kini berharap uluran tangan berbagai pihak untuk membantu memperbaiki jalan kampung mereka. Selain jalan, warga setempat juga mengalami kesulitan listrik dan air bersih.

“Para pelajar di kampung kami harus berangkat lebih pagi lagi untuk ke sekolah karena mereka berjalan kaki,” ujarnya.

Ia menyebutkan, dana yang terkumpul nanti akan digunakan untuk pembangunan jalan serta jembatan dan rehabilitasi fasilitas air bersih. (dio)

Loading...