Sebelum Disembelih, Sapi Qurban di Padang Dimandikan Air Kembang

TOPIKINI.COM – Ada kebiasaan unik yang dilakukan jamaah Masjid Nurul Huda, Purus Baru, Kelurahan Ujung Gurun, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang, Sumatera Barat, dalam prosesi penyembelihan hewan qurban.

Sebelum disembelih, hewan qurban dimandikan dengan air yang berisi campuran bunga rampai, cairan jeruk nipis dan bedak tabur.

Para pengurus Mesjid Nurul Huda, Kelurahan Ujung Gurun, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang, berkumpul di dalam masjid untuk memulai tradisi penyembelihan hewan qurban, Sabtu (2/9) pagi.

Imam mesjid yang memimpin prosesi, terlebih dulu memotong jeruk nipis untuk dicampur ke air yang sudah disediakan. Kemudian bunga rampai juga dimasukkan. tak ketinggalan, bedak tabur juga dicampurkan ke dalam air tersebut.

Selanjutnya para peserta qurban dipersilahkan untuk menyiramkan air tersebut ke kepala dan tubuh sapi qurban. Kemudian, peserta juga menyikat rambut sapi, dan membawa cermin kecil untuk diperlihatkan ke wajah sapi yang akan disembelih tersebut. Barulah setelah itu, sapi disembelih.

Alasan mereka melakukan tradisi ini berpedoman kepada perlakuan yang dilakukan Siti Hajar, ibunda Nabi Ismail, yang memandikan anaknya, menyisir rambut dan merapikannya, untuk disembelih ayahnya, Nabi Ibrahim, ketika mendapatkan perintah berqurban tersebut.

“Kami berpedoman kepada kisah nabi Ibrahim. Ketika akan disembelih, Ibunda Ismail, yaitu Siti Hajar, merapikan anaknya. Menyisir rambutnya, memberi bedak. Itulah sebabnya kami praktekan kepada hewan qurban,” ujar Bainullah Tuanku Sutan, Imam Mesjid Nurul Huda.

Ada lima ekor sapi qurban yang disembelih di Mesjid Nurul Huda ini. Setiap akan disembelih, prosesinya sama. Hal itu merupakan tradisi yang sudah bertahun-tahun dilaksanakan di mesjid yang beralamat di Jalan Durian Nomor 20 ini Purus Baru, Padang ini. (dio)

Loading...
BAGIKAN

Apa pendapat anda tentang berita ini.?