Ratusan Rumah di Solok Selatan Dihantam Banjir Bandang

TOPIKINI.COM – Ratusan rumah dan puluhan hektare areal pertanian di kecamatan Koto Parik Gadang Diateh (kpgd), kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat dihantam banjir bandang.

Korban banjir bandang di empat nagari di kecamatan kpgd, sudah membersihkan rumah mereka dari kotoran banjir bandang, jumat pagi (15/09/2017).

Banjir bandang merendam empat jorong atau dusun yang berada nagari Pakan Rabaa Tengah ditempati 190 kepala keluarga , KK atau 571 jiwa. Masing-masing jorong Bancah Anak Lolo, jorong Batang Lolo Batu Kalambai, jorong Batang Lolo Sungai Rambutan dan jorong Batang Lolo Atas.

Kejadian itu terjadi secara mendadak, karena saat peristiwa terjadi daerah tersebut tidak dalam kondisi hujan. Namun diperkirakan hujan terjadi dihulu sungai sejak siangnya, kamis (14/0/20179) malam. Banjir bandang ini terdiri air keruh bercampur kayu-kayu gelondongan.

“Disini tak ada hujan, tapi air datang tiba-tiba dari atas itu cukup deras. Di dekat sini saja ada 20 rumah yang terkena,” kata Erison, salah seorang warga.

Data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Solok Selatan, 20 rumah mengalami kerusakan. Tidak ada korban jiwa, tetapi kerugian mencapai miliaran rupiah.

“Dari data BPBD ada sekitar 200 lebih rumah yang kena, tapi kami belum mendapatkan data validnya,” kata AKP Hanwel , kapolsek KPGD.

Hingga saat ini pihak BPBD setempat masih melakukan pendataan dari dampak banjir bandang tersebut. Untuk membantu membersihkan material lumpur pihak BPBD telah mengerahkan empat alat berat.

Sementara warga telah berangsur membersihkan rumah mereka masing-masing dari material lumpur dan kayu, yang tersapu banjir bandang. Pemerintah setempat juga telah menetapkan masa tanggap darurat selama tujuh hari.(diki)

Loading...
BAGIKAN

Apa pendapat anda tentang berita ini.?