topikini.com@gmail.com

Ratusan Buruh Bongkar Muat Pelabuhan Teluk Bayur Mogok Kerja

TOPIKINI.COM – Ratusan buruh bongkar muat pelabuhan Teluk Bayur Padang, Sumatera Barat, mogok kerja, Senin (4/12). Mereka menentang aturan kerja baru dari menteri perhubungan yang menghilangkan jaminan kesejahteraan dan kesehatan bagi para buruh.

Sebanyak 756 orang anggota koperasi bongkar muat di Pelabuhan Teluk Bayur, Padang, berkumpul di depan kantor sekretariat koperasi bongkar muat Pelabuhan Teluk Bayur Padang. Tidak ada yang bekerja di pelabuhan karena semuanya sepakat mogok kerja.

Alasan mogok kerja karena adanya aturan baru dari menteri perhubungan mengenai hak-hak buruh yang diterima selama ini, yang akan dikurangi berdasarkan aturan baru tersebut. Ada tiga hal pokok yang ditiadakan oleh aturan baru menteri perhubungan yaitu meniadakan jaminan kesehatan, meniadakan jaminan kesejahteraan dan meniadakan jaminan administrasi.

Hal itu ditolak oleh para buruh yang terbaung dalam Koperbam karena dianggap menyesengrakan kehidupan para buruh. Para buruh menuntut agar aturan lama tetap dipertahankan karena sangat membantu kehidupan ekonomi dan kesejahteraan para buruh.

“Kami menentang aturan baru karena sangat merugikan nasib buruh. Bayangkan, ada tiga hal yang dicabut yaitu sistem administrasi, jaminan kesejahteraan dan jaminan kesehatan,” kata Chandra, Ketua Koperbam Teluk Bayur.

Aksi mogok kerja berjalan tertib danb lancar. Puluhan polisi berjaga-jaga agar tidak terjadi hal-hal yang menimbulkan kekacauan. Para buruh bertekad akan mogok terus sampai tuntutan mereka dikabulkan oleh Menteri Perhubungan. (dio)

Loading...

Tinggalkan Balasan