Presiden Jokowi Mulai Pembangunan Tol Padang-Pekanbaru, ini Rinciannya

19

TOPIKINI.COM – Presiden Joko Widodo meresmikan dimulainya pembangunan jalan Tol Padang –Pekanbaru di kabupaten Padang Pariaman Sumatera Barat, jumat sore (09/02/2018). Jalan Tol pertama di sumatera bagian tengah ini, diharapkan mampu menjadikan jalur transportasi menjadi lebih evisien.

Penekanan tombol sirine oleh presiden Joko Widodo bersama menteri pekerjan umum dan perumahan rakyat, gubernur Sumbar serta bupati Padang Pariaman, menandai diresmikannya pembangunan jalan Tol Padang – Pekanbaru, tahap pertama.

Untuk tahap pertama, akan dibangun jalan sepanjang 28 kilometer dari kawasan By Pass Padang ke ke Sicincin kabupaten Padang Pariaman. Pembangunan ini akan menelan biaya Rp 4,8 triliun dan ditargetkan selesai di akhir 2018.

Pembangunan jalan Tol Padang – Pekanbaru sendiri terbagi atas lima tahap dengan total panjang 244 kilometer.

Tahap dua dari Sicincin ke Payakumbuh sejauh 78 kilometer, tahap tiga Payakumbuh – Pangkalan sejauh 45 kilometer, tahap empat Pangkalan – Bangkinang , 56 kilometer dan tahap lima Bangkinang – Pekanbaru 37 kilometer .

Pembangunan jalan tol pertama di sumatera bagian tengah ini akan menelan biaya Rp 78 triliun dengan target rampung 2023 .

Menurut presiden, selesainya jalan tol ini akan berdampak untuk meningkatkan perekonomian dan menunjang pariwisata dua provinsi, karena waktu tempuh dari sembilan jam bisa dipangkas menjadi tiga jam .

“Yang lebih penting ada pelabuhan laut di Teluk Bayur dan pelabuhan laut di Dumai ini menjadi lebih dekat, sehingga produk-produk yang ada di Sumatera bagian tengah ini larinya menjadi lebih cepat,” ucap Jokowi kepada wartawan usai pelaksanaan ground breaking tersebut.

Pelaksanaan ground breaking jalan tol Padang – Pekanbaru ini merupakan kegiatan penutup kunjungan presiden di Sumatera Barat selama tiga hari. Presiden sudah mengunjungi dan melakukan kegiatan di lima kabupaten dan kota di Sumatera Barat, yaitu kabupaten Dharmasraya, kota Sawahlunto, kota Solok, kabupaten Solok, kabupaten Tanah Datar, dan kota Padang.

Puncak kegiatan presiden di Sumatera Barat yaitu menghadiri acara hari pers nasional di kota Padang jumat siang.(Ju Abdi)

Loading...