topikini.com@gmail.com

Polisi Tangkap Pengoplos Gas Elpiji di Padang

TOPIKINI.COM – Polisi menangkap enam orang pria sebagai tersangka pengoplos gas elpiji, di Padang, Sumatera Barat, Selasa (23/1) siang. Modus yang dilakukan tersangka adalah dengan memindahkan gas dari tabung 3 kilogram ke dalam tabung 12 kilogram. Keuntungan yang diperoleh dari satu tabung gas elpiji 12 kilogram mencapai Rp92 ribu.

Aksi tersebut dilakukan para tersangka di rumah Afdhal (40 th), salah seorang tersangka, di kawasan Sungai Sapih, Kecamatan Kuranji, Kota Padang. Modus yang dilakukan tersangka adalah memindahkan empat tabung gas 3 kilogram ke dalam satu tabung gas elpiji 12 kilogram.

Empat unit tabung gas 3 kilogram, yang merupakan harga subsidi, dibeli oleh para tersangka dengan harga ecerannya Rp 68 ribu. Selanjutnya tabung gas 12 kilogram yang berasal dari empat tabung gas 3 kilogram tersebut dijual dengan harga normal Rp160.000. Keuntungan yang diperoleh para tersangka mencapai Rp92.000 rupiah per tabung.

“Mereka membeli tabung gas 3 Kg dari pengecer. Setelah terkumpul, kemudian dipindahkan ke tabung 12 Kg. hal itu sudah dilakukan para tersangka selama 2 tahun,” ujar Kombes pol Chairul Aziz, Kapolersta Padang.

Barang bukti yang berhasil disita polisi berupa lima buah tabung gas 12 kilogram, lima buah tabung gas 3 kilogram, 21 buah regulator, 281 segel, dan 400 buah tabung gas yang masih tersimpan di gudang rumah tersangka.

Para tersangka berbaju tahanan warna hijau

Para tersangka dijerat dengan Undang-Undang nomor 22 tahun 2001 pasal 53 tentang minyak dan gas bumi, serta KUHP pasal 55 dengan ancaman hukuman penjara di atas enam tahun. (dio)

Loading...

Tinggalkan Balasan