Polisi Tangkap Penambang Emas Ilegal di Solok

17

TOPIKINI.COM – Diduga tidak mengantongi izin, tiga orang pelaku penambangan emas ilegal ditangkap aparat kepolisian resort Solok kota Sumateera Barat. Petugaspun berhasil mengamankan satu karung tanah dan batu galaian serta satu unit mesin Dongfeng .

Tiga orang pelaku yang diamankan tersebut masing-masing AR (36 th), AD (41 th) dan GUS (36 th). Mereka saat melakukan penggalian tanah di kawasan bukit Lasuang-lasuang, jorong Batu Kudo , kenagarian Sungai Durian, kecamatan IX Koto Sungai Lasi, kabupaten Solok.

Dari pengakuan pelaku kepada petugas, mereka sudah melakukan penambangan di daerah itu sejak 22 hari yang lalu dengan cara menggali lubang sejauh 7 meter untuk mendapatkan butiran emas, perak dan tembaga.

Selain mengamankan ketiga pelaku, polisi juga mengamankan mesin Dongfeng yang digunakan pelaku.

“Kita akan lakukan proses hukum selanjutnya, karena mereka tidak memiliki izin untuk melakukan kegiatan penambangan, dan mereka saat ini kami tahan untuk proses selanjutnya,” ucap Kompol Sumintak, Waka Polres Solok Kota, kepada Topikini.com Minggu pagi (11/03/2018).

Saat ini ke tiga pelaku dan barang bukti telah diamankan di mapolres Solok kota untuk penyelidikan lebih lanjut. ketiga pelaku akan dijerat pasal 158 uu nomor 4 tahun 2009 tentang pertambangan mineral dan batu bara dengan ancaman hukuman maksimal 10 tahun penjara dan denda maksimal Rp 1 miliar.(Garnadi)

Loading...