Polda Sumbar Musnahkan Barang Bukti Narkoba

TOPIKINI.COM – Kapolda Sumatera Barat memusnahkan 133 kilogram daun ganja kering, 287 gram sabu-sabu dan 75 butir pil ekstasi, di tepi Pantai Padang, Selasa (15/8) pagi. Pemusnahan sabu-sabu dan pil ekstasi dilakukan dengan cara diblender, sedangkan pemusnahan daun ganja kering dilakukan dengan cara dibakar. Narkoba yang dimusnahkan ini merupakan hasil tangkapan polisi dalam kurun waktu satu bulan terakhir.

Kapolda Sumatera Barat Irjen Pol Fakhrizal memimpin langsung proses pemusnahan narkoba hasil sitaan polisi se-jajaran wilayah hukum Polda Sumatera Barat, bersama para pejabat instansi terkait. Ada sebanyak 287 gram sabu-sabu yang dimusnahkan dengan cara diblender. Hal yang sama juga dilakukan terhadap 75 butir pil ekstasi. Dalam proses pemusnahan ini juga dihadirkan para tersangka pemilik barang haram tersebut.

Sedangkan pemunahan terhadap 133 kilogram daun ganja kering dilakukan dengan cara dibakar. Ganja kering yang dimusnahkan ini merupakan hasil tangkapan dari Polresta Padang, Polres Pasaman Barat, Polres Pariaman, Polres Padang Pariaman, dan Ditserse Narkoba Polda Sumatera Barat sendiri.

Kapolda Sumatera Barat, Irjen Pol Fakhrizal mengatakan, pemakai dan pengedar narkoba di Sumatera Barat berdasarkan data tahun 2016 berjumlah 63.000 orang. Angka ini cukup tinggi dan menempati posisi 23 dari 33 propinsi di indonesia.

“Berdasarkan data tahun 2016, peredaran narkoba di Sumatera barat sudah melibatkan 63.000 orang. Angka ini sangat besar,” kata Irjen Fakhrizal.

Untuk mengurangi angka peredaran narkoba di Sumatera Barat, Kapolda mengatakan bahwa polisi akan terus melakukan operasi penangkapan, dan juga melakukan upaya pencegahan serta melakukan sosialisasi kepada para pelajar tentang bahaya penggunaan narkoba bagi kesehatan. (dio)

Loading...
BAGIKAN

Apa pendapat anda tentang berita ini.?