topikini.com@gmail.com

Petani Padang Pariaman Harapkan Jokowi Panen Raya di Sawah Mereka

Alex (baju putih), Syamsul Bahri (baju merah)

TOPIKINI.COM – Puluhan petani yang tergabung dalam sejumlah kelompok tani di jorong Kampung Apar Utara nagari Sungai Buluh Utara kecamatan Batang Anai kabupaten Padang Pariaman, berharap agar presiden Jokowi bisa melakukan panen raya di sawah mereka.

Keinginannya itu disampaikan oleh ketua kelompok tani Harapan Baru, Syamsul Bahri kepada anggota DPR RI Alex Indra Lukman, Sabtu sore (27/01/2018) di lokasi persawahan yang mereka garap. Kedatangan Alex ke lokasi tersebut, sengaja untuk mendengarkan keinginan para petani Sungai Buluh Utara itu, sekaligus meninjau tanaman padi yang diusulkan untuk panen raya bersama presiden.

“Disini ada tiga kelompok tani dan satu kelompok wanita tani, dan kami berkeinginan bapak presiden Jokowi bisa hadir disini untuk melakukan panen raya, saat kunjungannya ke Sumatera Barat bulan Februari nanti,” ucap Syamsul Bahri.

Keinginan petani Padang Pariaman itu bukan tanpa alasan. Sebab menurut Syamsul Bahri, ia bersama kelompok-kelompok tani yang ada, sudah berhasil menanam padi, dengan metode-metode yang dianjurkan pemerintah serta sudah terlihat hasil nyatanya.

Tanaman padi yang disusulkan untuk panen raya

“Kami melakukan penanaman berdasarkan metode Jarwo 5-1, bisa dilihatkan hasilnya, rumpunnya besar buahnya lebat, dan kami sangat berkeinginan ini bisa dilihat oleh presiden. Selain itu metode kami tanam serentak meski bibitnya beda-beda, sehingga terhindar dari hama dan penyakit,” tambahnya.

Dari pengalaman sebelumnya, hasil padi yang dihasilkan dengan sistem yang dikerjakan Syamsul Bahri dan kawan-kawan, dalam satu hektar bisa menghasilkan sampai 7 ton gabah. Sedangkan normalnya hanya 5 sampai 5,5 ton perhektar.

Selain itu, Syamsul Bahri dan kawan-kawan juga memuji pemerintahan Jokowi yang telah memberikan mereka banyak bantuan alat-alat pertanian.

“Tahun lalu kami sudah mendapat bantuan traser, handtractor, pompa air dan tahun ini heler yang sudah kami persiapkan lahannya, beda sekali dengan pemerintahan sebelumnya, kami hanya dapat bibit dan subsidi pupuk, oleh karena itu kami ingin sekali mengajak presiden kesini,” tutupnya.

Sementara itu, Alex Indra Lukman sebagai orang Sumatera Barat yang dianggap memeiliki kedekatan dengan presiden Jokowi, berjanji akan menyampaikan keinginan petani itu kepada presiden.

“Setelah nanti saya balik ke Jakarta, saya akan sampaikan kepada pak Presiden,” ucap Alex, ketua DPD PDI Perjuangan Sumatera Barat itu.

Sawah yang ada di daerah tersebut ada sekitar 300 hektar dan 26 hektar diantaranya siap panen. Saat kedatangan Jokowi ke Sumbar yang rencananya pada tanggal 9 Februari 2018 nanti, sebagian besar padi mereka sudah bisa dipanen.(art)

Loading...

Tinggalkan Balasan