Pertamina Lepas Tukik dan Tanam Bakau di Pariaman

15

TOPIKINI.COM – Puluhan tukik (anak penyu) dilepaskan oleh pegawai Pertamina dan pegawai  Pemko Pariaman di Pantai Gandoriah, Ahad (4/2). Hadir dalam kegiatan ini Dirjen Lingkungan Hidup Kementerian Lingkungan Hidup Karliansyah.  Tukik ini dilepas ke laut sebagai bagian dari kepedulian lingkungan dari Marketing Operation Region (MOR) I di wilayah Sumatera Barat.

Selain itu, dilakukan juga penanaman mangrove dan  peninjauan kawasan mangrove di Desa Apar, Pariaman. Ini juga merupakan wujud bhakti  Pertamina melalui dana CSR untuk menjaga kelestarian hayati dan mendukung biota lingkungan setempat. Pada kesempatan ini, turut hadir Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit.

Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit mengapresiasi kepedulian PT Pertamina dalam menjaga lingkungan dan kelestarian aneka ragam hayati di Sumatera Barat. Komitmen Pertamina dalam menjaga lingkungan dan kelestarian alam patut dijadikan proyek percontohan demi menjaga kelestarian kekayaan alam dari kerusakan dan kepunahan.

“Apapun bentuk pembangunan saat ini harus berwawasan lingkungan. Baik pemerintah maupun masyarakat,” ujarnya.

Prinsip yang sama menurut Nasrul juga berlaku sama di Sumatera Barat. Dia mengingatkan, pemerintah kabupaten dan kota agar memberi perhatian serius kepada persoalan lingkungan dengan teliti terhadap perizinan terutama yang berkaitan dengan Analis Dampak Lingkungan (Amdal),  dokumen Upaya Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Upaya Pemantauan Lingkungan Hidup (UKL-UPL).

Sementara itu, Operation Head Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Bandara Internasional Minangkabau, Ridwan menerangkan, tujuan pelaksanaan kegiatan tersebut adalah untuk turut berperan serta dalam menjaga keseimbangan alam serta melestarikan flora dan fauna langka di wilayah Sumatera Barat. “Kegiatan ini juga sebagai upaya Pertamina mengambil peran dalam menurunkan emisi, efek rumah kaca serta pemanasan global,” ujarnya.

Bagi Pertamina MOR I sendiri, kegiatan tersebut menurut Ridwan memberi nilai tambah dalam pencapaian nilai proper terutama guna mendukung pencapaian Proper Emas di masa mendatang. Dia menegaskan, Pertamina juga berkomitmen untuk terus melakukan pemeliharaan, monitoring dan evaluasi serta perawatan terhadap kecenderungan status sumber daya keanekaragaman hayati dan sumber daya biologis yang dikelola. (dio)

Loading...