topikini.com@gmail.com

Pembersihan Minyak Olahan Kelapa Sawit yang Tumpah dengan Cara ini

TOPIKINI.COM – Minyak olahan kelapa sawit yang tumpah di perairan Teluk Bayur, Padang, Sumatera Barat, masih terus dibersihkan, sepanjang Sabtu (30/09/2017). Pembersihan  dilakukan dengan cara manual yaitu dikumpukan dalam karung, kemudian dibuang ke tempat yang aman.

Pihak PT. Wira Inno Mas (PT.WIM), selaku pihak yang beratnggung ajwab atas tumpahnya 50 ton minyak olahan kelapa sawit tersebut, terus melakukan upaya pembersihan. Dengan menggunakan 10 perahu nelayan, mereka mengangkat gumpalan minyak yang sudah membeku tersebut ke dalam karung. Sampai hari ketiga pembersihan, sudah berhasil mengumpulkan 15 ton minyak olahan kelapa sawit yang tumpah.

Para karyawan PT. WIM dikerahkan untuk mengangkut tumpahan minyak olahan kelapa sawit, yang sudah dikumpulkan dalam satu lokasi di pinggir dermaga Teluk Bayur, agar mudah diangkut. Mereka juga dibantu oleh nelayan dan para anggota marinir Padang. Agar tidak terbawa arus, minyak olahan tersebut diisolir dengan menggunakan slickbar, semacam terpal berangka halus, sebagai penahannya.

Setelah terkumpul, minyak olahan tersebut kemudian dibawa ke dermaga, untuk dibuang ke tempat yang aman. Minyak olahan kelapa sawit ini tumpah hari kamis (28/09/2017)karena bocornya pipa sambungan dari tangki di pabrik. Rencananya, minyak olahan ini akan dipindahkan ke dalam kapal tangker untuk dieksport keluar negeri.

“Kami melakukan pembersihan dengan cara manual. Sudah 15 ton yang terkumpul. Sisanya dalam dua hari ini rampung,”ucap HendraLeo,manageroperasional PT. WIM.

Proses pembersihan ini diperkirakan masih akan berlagnsung selama dua hari ke depan, karena banyaknya minyak yang tumpah, luasnya areal yang terdampak, ditambah terbatasnya jumlah personil yang bekerja untuk membersihkan perairan teluk bayur tersebut.  (Dio)

Loading...

Tinggalkan Balasan