topikini.com@gmail.com

Pelajar, PNS dan Pegawai Pertamina Bersihkan Pantai Gandoriah Pariaman

TOPIKINI.COM – Ratusan orang yang terdiri dari karyawan Pertamina, Pegawai Negeri Sipil, dan pelajar kota Pariaman, Sumatera Barat, melakukan aksi bersih-bersih sampah di Pantai Gandoriah, Pariaman, hari Ahad (4/2). Pantai Gandoriah ini memang selalu kotor karena kesadaran dari pedagang dan pengunjung yang masih kurang untuk menjaga kebersihan lingkungan.

Aksi bersih-bersih pantai Gandoriah, Pariaman, dilakukan oleh ratusan PNS Pemko Pariaman, para pelajar Pariaman, dan karyawan Pertamina yang juga diikuti langsung oleh Dirjen Lingkungan Hidup, Kementerian Lingkungan Hidup, Karliansyah. Mereka menyusuri pantai Gandoria sepanjang dua kilometer, dan memungut semua sampah yang berserakan.

Pantai Gandoriah, Pariaman, ini memang kurang bersih karena banyaknya sampah yang berserakan setiap hari. Sampah tersebut berasal dari sisa-sisa makanan dan minuman, baik dari para pedagang setempat, maupun dari pengunjung yang berbelanja. Akibatnya keindahan pantai yang berhadapan dengan pulau angso duo, menjadi tidak nyaman untuk dinikmati.

Padahal, pemko Pariaman mempekerjakan 350 orang petugas kebersihan kota, termasuk untuk menjaga kebersihan pantai Gandoria. Dan bahkan sudah ada perda larangan buang sampah dengan denda yang besar, namun semuanya belum berjalan maksimal.

“Kami punya 350 orang pekerja kebersihan. Namun kalau kesadaran akan kebersihan dari pedagang dan pengunjung pantai masih kurang, tetap saja akan seperti ini. Walau demikian, kami akan tetap memberikan penyuluhan tentang kebersihan kepada mereka,” ujar Muchlis Rahman, Walikota Pariaman.

Sementara itu, Dirjen LH Kementerian Lingkungan Hidup mengatakan bahwa ada tiga syarat untuk menjadikan kota Pariaman sebagai kota wisata, yaitu aksesibilitas, keamanan dan kenyaman. Masalah sampah adalah masalah kenyamanan. “Jika sampah masih mengganggu, maka jangan harap pengunjung merasa nyaman. Ini yang harus diperhatikan,” kata Karliansyah, Dirjen LH Kementerian Lingkungan Hidup.

Aksi bersih-bersih Pantai Gandoria Pariaman ini mendapat dukungan sepenuhnya dari dana CSR Marketing Operation Region (MOR) I Sumatera Barat, yang peduli dengan kebersihan lingkungan hidup. (dio)

Loading...

Tinggalkan Balasan