PDIP Dukung Pemanfaatan Dana Haji untuk Pembangunan Pemondokan

TOPIKINI.COM – Fraksi PDIP DPR RI mendukung wacana presiden Joko Widodo tentang pemanfaatan dana haji untuk pembangunan pemondokan di Mekkah. Alasannya, daripada dana haji tersebut menganggur di rekening kemenag, tanpa kejelasan pemakaian, justru akan menimbulkan fitnah.

Penegasan itu disampaikan Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPR RI, Utut Adianto, setelah mengikuti rapat kerja PDI Perjuangan, Sumatra Barat, di Kota Padang, Selasa (1/8) siang. Menurut Utut, wacana Presiden Joko Widodo memanfaatkan dana haji untuk pembangunan infrastruktur adalah wacana yang segar. Dia setuju jika dana haji yang mengendap itu dimanfaatkan untuk pembangunan infrastruktur demi kepentingan ummat.

Grand Master Catur ini mencontohkan seperti pembangunan pondokan dan jamaah di Mekkah. Sehingga meringankan beban pemerintah dan ongkos naik haji bisa berkurang, karena tidak perlu menyewa hotel dan penginapan, yang biayanya cukup besar.

“Ini merupakan wacana yang menyegarkan dari Bapak Presiden Jokowi. Daripada dana haji tersimpan begitu saja, kan lebih baik dimanfaatkan untuk pembangunan pemondokan, yang bisa dipakai oleh para jamaah haji kita. Sehingga ongkos naik haji bisa dikurangi, karena kita tidak lagi menyewa hotel dan pemondokan,” kata Utut Adianto, Ketua Fraksi PDIP DPR RI.

sebelumnya,tanggal 26 juli lalu, Joko widodo usai melantik Badan Pelaksana Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH), berharap BPKH bisa mengelola keuangan dengan baik dan dana yang ada bisa diinvestasikan. Sehingga keuntungan yang diperoleh bisa untuk mensubsidi biaya haji di masa mendatang. (dio)

Loading...
BAGIKAN

Apa pendapat anda tentang berita ini.?