topikini.com@gmail.com

Pasca Banjir Bandang, Murid SD Guguk Sarai tak Belajar

TOPIKINI.COM – Pasca banjir bandang yang melanda kenagarian Guguk Sarai kecamatan IX Koto Sungai Lasi kabupaten Solok, membuat aktifitas belajar menjadi terganggu.

Murid sekolah dasar yang sekolahnya terendam banjir dan lumpur, hanya bergotong royong membersihkan sekolah mereka.

Para pelajar ini tidak bisa beraktifitas seperti biasanya. Sejak Senin (11/12/2017) pagi hingga siang, mereka hanya bergotong royong membersihkan kelas-kelas mereka yang dipenuhi lumpur.

Pasalnya, banjir bandang yang merendam kampung mereka minggu (10/12/2017) dini hari lalu, meninggalkan lumpur setebal hingga sepuluh sentimeter di lantai sekolah.

Bahkan banyak buku-buku dan peralatan elektronik milik sekolah yang rusak akibat direndam banjir.

Menurut kepala sekolah, saat ini proses belajar mengajar memang belum bisa dilakukan lantaran lumpur masih memenuhi setiap ruangan sekolah yang terkena banjir. Para murid juga dibantu oleh anggota TNI dan Polri.

“Kita hari ini hanya bersih-bersih karena semua lantai kelas masih direndam lumpur. Buku-buku dan peralatan elektronik banyak yang rusak,” ujar Desmawati, kepala SDN 06 Guguk Sarai.

Selain memebersihkan lingkungan sekolah, aparat TNI dan Polri juga membantu membersihkan rumah warga yang masih terendam banjir dan lumpur.

Tak kurang dari 112 buah rumah warga di jorong Guguk Pila kenagarian Guguk Sarai ini terendam air bercampur lumpur. Banjir ini terjadi akibat meluapnya sungai Talang yang dekat dengan pemukiman warga. Peristiwa ini terjadi karnea hujan lebat yang mengguyur hulu sungai pada Sabtu lalu.(Garnadi)

Loading...

Tinggalkan Balasan