Pacu Jawi di Tanahdatar, Selalu Diburu Para Fotografer Dunia

TOPIKINI.COM – Alek anak nagari pacu jawi di Tanahdatar, selalu menjadi magnet bagi pecinta fotografi mancanegara. Dari berbagai negara, fotografer memburu ajang yang digelar setiap tahun, usai masa panen padi ini. Hasil jepretan yang bagus, selalu menjadi alasan mereka untuk memburu acara ini.

Sabtu (29/07/2017), ajang pacu jawi digelar di kecamatan Rambatan kabupaten Tanahdatar sumatera barat. Sekitar dua ratus sapi, mengikuti kontes adu cepat sapi ini.

Dua sapi dengan satu orang joki, memacu sapi-sapinya berlari kencang diatas tanah sawah yang berair dan berlumpur.

Gerakan cepat dan semburan lumpur ini menjadi objek yang menarik bagi fotografer untuk dibidik.

Tak tanggung-tanggung, dari berbagai negara pembidik profesional datang ketempat ini hanya untuk memburu foto pacu jawi. Mereka rela merogoh kocek dalam-dalam untuk berburu foto pacu jawi.

Ada yang datang dari Australia, Cina, Jepang, Eropa, Timur tengah dan masih banyak lagi. Alasannya, selain menjadi objek yang spektakuler, mereka tidak menemukan ajang semacam ini dibagian dunia lain.

Pia Jessen, salah seorang fotografer dari Australia yang sudah tiga kali membidik pacu jawi ini mengatakan, sangat menyukai ajang ini.

“Sangat menarik, menyenangkan, budaya dan hasil foto yang menakjubkan, saya sangat menyukainya,” kata Pia Jessen, fotografer dari Australia.

“Saya belum pernah menyaksikan pacu jawi sebelumnya selama hidup saya, ini pengalaman yang sangat menyenangkan,” ucap Anne Russel, fotografer Australia.

Pacu jawi merupakan permainan anak nagari di kabupaten Tanahdatar yang digelar setiap tahun, pada masa usai panen padi. Ajang ini, juga sebagai penentu harga sapi yang menjadi jawara.(art)

Loading...
BAGIKAN

Apa pendapat anda tentang berita ini.?