topikini.com@gmail.com

Museum Adityawarman Padang Siapkan Materi Pameran Jelang Hari Pers Nasional

TOPIKINI.COM – Museum Adityawarman Padang, Sumatera Barat, menyiapkan sejumlah materi untuk dipamerkan pada peringatan Hari Pers Nasional 9HPN). Selain foto-foto tokoh jurnalistik, juga ditampilkan replika surat kabar yang pernah terbit pada awal-awal masa perjuangan dulu, audio visual tokoh-tokoh pers dan benda-benda peralatan kerja jurnalis masa lalu.

Pihak Museum Adityawarman Padang, Rabu (29/11), disibukan dengan persiapan pameran sejarah hari pers nasional, untuk menyambut Hari Pers Nasional yang diperingati setiap tanggal 9 Februari. Sebab tahun depan, kota Padang ditunjuk selaku tuan rumah Hari Pers Nasional.

Panitia pameran menyiapkan banyak materi yang akan dipamerkan antara lain profil dua tokoh pers nasional asal Sumatera Barat yang sangat terkenal yaitu Rohana Kudus, jurnalis perempuan yang menerbitkan koran perempuan pertama di Indonesia bernama Utusan Melayu, dan ada Adinegoro, tokoh pers yang berjasa membesarkan kantor berita nasional antara.

Foto-foto tokoh pers nasional dari masa ke masa juga ditampilkan, serta replika surat kabar yang pernah terbit di Sumatera Barat masa perjuangan dulu.

Ada juga disediakan audio visual yang menceritakan kiprah tokoh-tokoh pers nasional serta peralatan kerja wartawan zaman dulu seperti mesin ketik dan tape rekaman suara. Total seluruhnya ada 82 materi yang ditampilkan oleh piahk museum.

“Kami juga menyiapkan duta museum yang akan melayani pertanyaan para pengunjung museum terkait materi pameran sejarah hari pers nasional yang kami tampilkan,” kata Adi Saputra, Kepala Museum Adityawarman Padang.

Pameran sejarah hari pers nasional ini akan dibuka untuk umum mulai tanggal 1 Desember 2017 hingga bulan Mei 2018 mendatang. Direncakanan presiden jokowi akan hadir pada peringatan Hari Pers Nasional (HPN) di padang tahun 2018 dan juga akan menyaksikan pameran sejarah pers nasional tersebut. (dio)

Loading...

Tinggalkan Balasan