topikini.com@gmail.com

Menikmati Keindahan Danau Maninjau dari Puncak Lawang Agam

TOPIKINI.COM – Salah satu tempat wisata yang ramai dikunjungi pada saat libur tahun baru ini adalah Puncak Lawang, di Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Lokasinya berupa tanah yang datar di puncak bukit seluas lebih kurang 1 kilometer meter persegi. Dari puncak bukit ini, pengunjung bisa melihat keindahan Danau Maninjau dan deretan bukit barisan.

Puncak Lawang merupakan salah satu obyek wisata yang ramai dikunjungi saat masa liburan datang. lokasinya di Kecamatan Matur, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Jaraknya sekitar 22 kilometer dari Kota Bukittinggi. Untuk mencapai Puncak Lawang, pengunjung harus berjalan mendaki.

Pengunjung bebas menikmati keindahan Puncak Lawang, dengan duduk santai bersama keluarga atau menikmati arena permainan yang ada seperti flying fox maupun titian di atas pohon. Setiap sudut adalah spot menarik untuk berselfie maupun berfoto bersama keluarga.

Puncak Lawang berada pada ketinggian 1.2010 meter di atas permukaan laut. Dulunya tempat ini merupakan tempat peristirahat para pejabat kolonial belanda pada masa penjajahan. di Puncak Lawang berupa dataran seluas sekitar 1 kilometer persegi, pengunjung dapat menikmati keindahan pohon-pohon pinus yang tumbuh berjajar di sisi utara bukit.

Sedangkan di sisi lainnya, pengunjung dapat menikmati keindahan Danau Maninjau yang dikelilingi deretan bukti barisan. Jika datang terlalu pagi, pengunjung tak bisa lagi melihat pemandangan di bawahnya karena tertutup kabut tebal.

“Ini adalah tempat wisata paling indah di Sumatera Barat. Saya beruntung bisa melihat Danau Maninjau dari sini. Soalnya kabut menutupi pemandangan dari danau dari atas sini,” kata Wiyono, pengunjung dari Kudus, Jawa Tengah.

Pada saat-saat tertentu, tempat ini juga sering dijadikan ajang lomba paralayang dari berbagai propinsi maupun ivent tingkat dunia. Untuk tiket masuk, relatif murah, hanya Rp25.000 per orang, sudah termasuk biaya parkir. (dio)

Loading...

Tinggalkan Balasan