topikini.com@gmail.com

M.Iqbal: Keberhasilan Kampung KB di Pariaman tidak Instan

TOPIKINI.COM – Kampung Keluaga Berencana (KB) di Desa Kampung Baru Padusunan, Kecamatan Pariaman Timur Kota Pariaman, menjadi perhatian khusus anggota IX DPR RI Muhammad Iqbal.

Perhatian tersebut termasuk ditunjukkan Iqbal dengan hadir pada kegiatan Integrasi Kampung KB bersama mitra tahun 2017 yang digelar BKKBN Sumbar, Sbatu (23/12/2017).

Turut hadir Kadis BP3AKB kota Pariaman, bapak Alvian, kader KB serta Masyarakat umum dengan undangan 200 orang.

Kadis BP3AKB kota Pariaman, Alvian mengatakan, tujuan dari sosialisasi yaitu untuk menggaungkan kembali program-program keluarga berencana (KB) yang kini dipandang semakin menurun.

Menurutnya, pelaksanaan program ini tidak hanya dilakukan di Pariaman, melainkan di seluruh Indonesia. “Jadi program ini instruksi langsung dari Presiden,” tegasnya.

Sementara itu, M.Iqbal dalam sambutannya mengatakan, kini dalam kampung KB tidak melulu berkonsentrasi pada program pengendalian penduduk saja. Namun, lebih ke peningkatan kualitas hidup manusia yang harus ditingkatkan seperti pembangunan infrastuktur, pembangunan fisik, dan pembangunan mental.

“Hal ini seperti yang diharapkan Presiden jika pada 2019 sudah tidak ada lagi desa yang tertinggal,” kata Iqbal.

Iqbal mencontohkan, tingkat pertumbuhan penduduk saat ini masih tinggi, jika tidak segera atasi, maka kedepan Indonesia akan mengalami masalah yang serius.

”Sumber daya alam terus menurun, sebaliknya populasi penduduk semakin meningkat,” ujarnya.

Iqbal menambahkan, keberhasilan dari program kampung KB ini tidak akan terjadi tanpa adanya dorongan dari semua elemen masyarakat dan instansi terkait. Dalam kesempatan itu dirinya mengajak kepada semua pihak untuk berkomitmen mensukseskan program tersebut.

“Kampungnya sudah ada, tinggal actionnya,” tukasnya.

Untuk pelaksanaan program kampung KB saat ini seharusnya lebih mudah. Karena pada umumnya masyarakat telah memiliki kesadaran untuk mengatur, mengelola, mengendalikan, dan menata keluarganya dengan sebaik-baiknya.

“Kalau jaman dulu kan banyak yang menentang, kalau sekarang mereka sudah sadar,” paparnya.

Disinggung apakah di kota Pariaman telah berhasil melaksanakan semua program kampung KB, Iqbal mengatakan keberhasilan tidak bisa dicapai secara instan. Menurutnya saat ini masih proses dan berjuang agar sesuai dengan yang diharapkan pemerintah.

“Keberhasilan yang bisa dilihat dalam jangka waktu dekat yaitu bagaimana masyarakat bertindak setelah adanya sosialisasi,” pungkasnya.
Dalam kegiatan tersebut undangan diberi berbagai macam hadiah berupa HP, Powerbank, fashdisk, dan sepeda MTB.(kawek)

Loading...

Tinggalkan Balasan