Lomba Ikan Cupang Hias Nasional Digelar di Padang

TOPIKINI.COM – Komunitas penggemar ikan cupang hias di Padang, Sumatera Barat, menggelar lomba ikan cupang hias nasional, hari Sabtu (9/9/2017). Sebanyak 1.365 ekor ikan cupang hias milik 68 orang peserta, berlomba untuk menjadi yang terbaik.

Kriteria pemenang adalah bentuk kesempurnaan tubuh, keindahan bentuk ekornya, keindahan warna tubuh ikan, dan kelincahan ikan.

Tim juri dari Betta of Sumatera Society atau masyarakat penggemar ikan cupang hias, sibuk mengamati ikan-ikan cupang hias yang dipajang memanjang dalam toples, pada lomba ikan cupang hias tingkat nasional, yang digelar di Hotel Imelda, Padang.

Ada sebanyak 1.365 ekor ikan cupang hias milik 68 orang peserta, yang tengah berlomba untuk menjadi yang terbaik.

Ada beberapa kriteria dalam penilaian lomba, antara lain kesempurnaan tubuh ikan, keindahan ekor ikan, keindahan warna tubuh ikan, dan kelincahan gerak-gerik ikan.

Peserta lomba selain dari Sumatera Barat, juga datang dari Sumatera Selatan, Sumatera Utara, Jambi, Lampung, dan Pekanbaru.

Ada dua kategori lomba, yaitu ikan cupang hias hasil penetasan di kolam (breeding), dan ikan cupang hias dari alam. Ikan cupang hias dari sungai ini berukuran lebih kecil daripada ikan cupang hias hasil penetasan di kolam.

“Ikan cupang Hias ini merupakan biota yang banyak terdapat di Sumatera dan Kalimantan. Melalui lomba ini, kami ingin mengangkat pamor ikan cupang hias sekaligus menunjukkan kepada masyarakat umum bahwa kita kaya akan biota ikan, dimana salah satunya adalah ikan cupang hias,” kata Mulyadi, ketua panitia lomba.

Panitia menyediakan empat piala, yaitu untuk kategori Best of Show, kategori King of Asia, kategori Champion, dan kategori Best of The Best. Selain itu, panitia juga memberikan hadian uang pembinaan untuk masing-masing pemenang. Lomba ikan cupang hias ini adalah yang ketiga kali digelar oleh komunitas Betta of Sumatera Society, sejak tahun 2015 lalu. (dio)

Loading...
BAGIKAN

Apa pendapat anda tentang berita ini.?