KPU Padang Terancam Dilaporkan Peserta Jalan Sehat dengan Tuduhan Penipuan

1567

TOPIKINI.COM – Jalan sehat yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang, Sumatra Barat berakhir kisruh, Sabtu (14/4) pagi. Penyebabnya, ada nomor ganda saat pengundian hadiah terakhir sepeda motor. Jalan sehat ini sendiri digelar sebagai bagian sosialisasi pemilihan walikota padang pada 27 Juni tahun 2018.

Kisruh terjadi pada bagian akhir pengundian nomor peserta untuk mendapatkan ahdiah utama satu unit sepeda motor, karena terjadi kekecauan. penyebabnya, saat nomor pengundian terakhir dicabut keluar nomor 0-1-4-7-7. ternyata, nomor ini dimiliki dua orang peserta jalan sehat.

Panitia dari KPU Padang pun bingung, bagaimana cara menyelesaikannya. Yoserizal mengaku dialah yang berhak mendapatkan sepeda motor, karena memiliki nomor 0-1-4-7-7. Begitu juga dengan Darwilis memiliki nomor yang sama. Polisi pun turun tangan menengahi. Namun masing-masing pemenang, tak ada yang mau mengalah.

Panitia kemudian berusaha mencari potongan kartu di dalam tabung undian. Ternyata, memang ada dua potongan dengan nomor yang sama tersebut. Ketua KPU Padang, M Sawati mengambil sikap, memberi kemenangan kepada Yoserizal, orang pertama yang maju ketika nomornya dipanggil. Hal ini tidak diterima Darmawilis, yang akan melaporkan kasus ini ke polisi dengan tuduhan penipuan.

Jalan sehat yang digelar KPU Padang ini untuk sosialisasi sekaligus untuk mendongkrak partisipasi pemilih di Pilkada kota Padang 27 Juni 2018. KPU Padang menargetkan 70 persen partisipasi pemilih untuk pemilihan wali kota – dan wakil wali kota Padang.

“Kami ingi meningkatkan partisipasi pemilih. Jika pada Pilwako lalu, partisipasi hanya 53%, maka tahun ini kami targetkan 70%. Salah satu bentuk sosialisasinya adalah dengan menggelar jalan sehat ini,” ujat M Sawati, Ketua KPU Padang.

Di kota Padang, ada dua paslon yang berkompetisi, nomor urut satu Emzalmi – Desri Ayunda dan nomor urut dua Mahyeldi – Hendri Septa. Emzalmi – Desri diusung oleh koalisi tujuh partai politik sementara Mahyeldi – Hendri Septa diusung oleh dua koalisi parpol. (dio)

Loading...