Jembatan Amblas, Jalur Penghubung Sumbar – Riau di Dharmasraya Lumpuh Total

TOPIKINI.COM – Satu unit jembatan di nagari Muaro Sopan kecamatan Padang Laweh kabupaten Dharmasraya, Kamis (1409/2017) amblas. Akibatnya, jalur yang menghubungkan dua provinsi itu, yaitu Sumbar dan Riau lumpuh total dan tak bisa dilewati kendaraan.

Jembatan tersebut terletak di nagari Muaro Sopan dan satu-satunya jembatan penghubung daerah Sungkai kecamatan Lubuk Jambi kabupaten Kuantan Singingi provinsi Riau dengan Dharmasraya Sumbar.

“Kondisi ini bukan hanya karna curah hujan saja, tapi lemahnya perhatian dari pihak perusahaan yang ada di nagari ini,” kata Wali Nagari Muaro sopan Ari Asmanto, kamis (14/09/2017) yang di temui awak media.

Asmanto menyebutkan, kondisi jembatan itu pada awalnya memang sudah nyaris putus, yang disebabkan tingginya penggunaan jembatan oleh pihak perusahaan perkebunan sawit. Sementara perbaikan jembatan tak pernah dilakukan.

“Bertahun-tahun jembatan ini dimamfaatkan, baik oleh masyarkat maupun dari perusahaan, namun tak mendapat perhatian,” jelas Wali nagari termuda itu.

Ia mengemukakan bahwa tidak ada jalan lain lagi untum menuju kenagari tetangga. Bukan hanya itu, putusnya jembatan tersebut juga berdampak pada perekonomian warga.

“Bukan hanya sebagai jembatan penghubung, tapi juga merupakan jantung perekonomian warga,” ulasnya.

Dirinya berharap, jembatan yang baru saja putus itu bisa segera diperbaiki, agar masyarkat kembali beraktifitas.

“Kita tentu sangat berharap agar jembatan ini segera diperbaiki, sebab jembatan ini satu-satunya jalan penghubung,” pintanya.

Ardi 45 tahun, warga setempat juga berharap agar pemerintah daerah serta pihak perusahaan untuk cepat tanggap dalam persoalan ini.

“Kami selaku warga, tentu hanya bisa berharap,” ucap Ardi.(mas ex)

Loading...
BAGIKAN

Apa pendapat anda tentang berita ini.?