Jemaah Haji dari Agam Bawa Barang-barang ini, Disita Petugas

TOPIKINI.COM – Banyak barang bawaan jamaah haji yang disita petugas di asrama embarkasi haji Padang, Sumatera Barat, Sabtu (29/7) pagi. Barang-barang bawaan yang disita itu kebanyakan minuman dan kue-kue kering.

Para calon jamaah haji kloter dua dari Kabupaten Agam, Sumatera Barat, berkumpul di depan aula asrama haji. Sebelum masuk, barang bawaan jamaah haji diperiksa dengan teliti oleh petugas di asrama embarkasi haji Padang, ketika memasuki aula asrama haji.

Botol-botol minuman yang berisi air terpaksa disita dan dikeluarkan isinya. Selanjutnya para jamaah calon haji yang berjumlah 390 orang dipersilahkan masuk ke dalam aula.

Pemeriksaan barang dan tas berlanjut lagi oleh petugas, menggunakan sinar X. Dari pemeriksaan tersebut, ketahuan masih banyak barang bawaan calon jamaah haji yang membawa air minum botol maupun minuman kaleng serta kue kering. Petugas terpaksa menyita barang-barang tersebut.

“Calon jamaah haji sudah tahu bahwa dilarang membawa barang-barang yang membahayakan, dan itu sudah kami sosialisasikan ketika mereka tiba di asrama haji. Sedangkan yang disita sekarang kebanyakan minuman plastik dan kue-kue kering,” kata Syamsuir, Kabid Haji Kanwil Depag Sumatera Barat:

Untuk kloter kedua ini, ada tiga orang calon jamaah haji yang sakit. Mereka tidak bisa berangkat bersama rombongannya, dan menunggu sehat, untuk diberangkatkan dengan kloter lainnya.

Sedangkan jumah seluruh jamaah haji Sumatera Barat tahun ini 4.628 orang, ditambah calon haji dari bengkulu yang diberangkatkan melalui embarkasi padang berjumlah 1.721 orang. Sehingga jumlah total jamaah haji embarkasi padang tahun ini adalah 6.349 orang. (dio)

Loading...
BAGIKAN

Apa pendapat anda tentang berita ini.?