Hasim Djojohadikusumo: Pendidikan Untuk Kelanjutan Bangsa

TOPIKINI.COM – Pengusaha sekaligus pemilik PT Tidar Kerinci Agung (TKA) Hasim Djojohadikusumo, berpendapat dunia pendidikan penting sebagai pondasi kelanjutan bangsa dimasa akan datang, sehingga diperlukan peran semua masyarakat untuk memajukannya.

“Pendidikan tidak dapat dipenjara, pendidikan tidak dapat dirampas oleh siapapun, karna pendidikan selalu ada di dalam pikiran setiap manusia. Untuk itu perlu diperhatikan secara bersama,” katanya dalam acara Halal Bi Halal bersama karyawan di Gelanggang Olahraga (GOR) PT TKA, Kecamatan Asam Jujuhan, Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, Sabtu (28/7) malam.

Saat ditanya soal peran TKA dalam memajukan pendidikan yang berdiri di tiga kabupaten, yakni Kabupaten Solok Selatan, Kabupaten Dhamasraya, dan Kabupaten Muaro Bungo itu. Ia mengatakan pihak perusahaan siap membantu melalui dana CSR.

“Karena perkebunan TKA meliputi tiga wilayah ini, tentunya kami siap membantu. Untuk itu masyarakat atau pemerintah disilahkan mengajukan proposal,” lanjutnya.

Bahkan, katanya melanjutkan salah seorang anak karyawan PT TKA sudah bekerja sebagai pramugari di penerbangan Singapura Airlines. Hal itu menjadi bukti bahwa pihak perusahaan mendukung majunya dunia pendidikan.

“Jadi waktu itu saat di bandara seorang anak menghampiri saya, lalu menyampaikan, pak saya dibesarkan di lingkungan pendidikan PT TKA. Dalam hati saya tentu sangat bangga, karena sebagai pemilik perusahaan merasa telah berhasil membantu memajukan pendidikan di Indonesia,” ungkapnya.

Di samping itu, peran serta kontribusi seorang guru menjadi hal penting dalam mentransfer ilmu kepada generasi penerus bangsa.

Oleh karena itu, ia mengimbau masyarakat yang berprofesi sebagai guru harus bangga dengan pekerja yang mereka lakukan sebagai pengajar.

“Hari ini saya sampaikan kepada guru yang ada dilingkungab TKA dan Dharmasraya khususnya, banggalah menjadi seorang guru, karena almarhum ayah saya Sumitro Djojohadikusumo selalu mengatakan kepada setiap orang kalau dia adalah seorang guru, dia tidak bangga bekerja menjadi menteri, praktisi, ataupun ekonom,” ungkapnya.

Hasim Djojohadikusumo adalah putar dari ekonom Frof. Dr Soemitro Djojohadikusumo sekaligus pernah menjabat sebagai Menteri Ekonomi serta Menteri Riset dan Teknologi pada masa Presiden Soeharto, serta adik kandung dari Prabowo Subaianto.

Hasim Djojohadikusumo bersama Menteri Lingkungan Hidup Dan Kehutanan Siti Nurbaya siang ini dijadwalkan akan meresmikan Pusat Rehabilitasi Harimau Sumatera Dharmasraya (PR-HSD) yang merupakan program peduli konservasi Yayasan Arsari Djojohadikusumo (YAD). (Mas ex)

Loading...
BAGIKAN

Apa pendapat anda tentang berita ini.?