Harimau Sumatera Masuk Perangkap di Palupuh Agam

201

TOPIKINI.COM – Sering menampakan diri dan memangsa anjing milik warga di kawasan nagari Tarantang kecamatan Palupuah kabupaten Agam provinsi Sumatera Barat, harimau Sumatera muda akhirnya berhasil ditangkap. Harimau yang diperkirakan berusia 1,5 tahun ini berhasil dijebak masuk kerangkeng dengan umpan seekor kambing.

Konflik antara harimau betina dengan warga sudah berlangsung sejak akhir tahun 2017 lalu, dimana seekor kerbau milik warga menjadi korban. Warga yang mulai resah karena takut memasuki kawasan hutan hak penggunaan lain (HPL) untuk berladang, akhirnya melapor ke Balai Konservasi Sumbar Daya Alam (BKSDA) Sumatera Barat.

“Akhir tahun 2017 lalu satu ekor kerbau warga jadi korban. Terakhir ini harimau ini lebih sering menampakan diri, dan sudah memangsa puluhan lebih anjing milik warga,” kata Syafril, Wali nagari Koto Rantang

Dari hasil pemasangan perangkap sejak hari kamis (12/04/2016) lalu, harimau ini akhrnya terjebak masuk perangkap pada sabtu siang.

“Dari beberapa warga yang sudah melihat, diketahui harimau ini ada tiga, dua anakan dan satu induk. Karena itulah kami melapor ke bksda” tambah Syafril.

.Sempat terjadi perdebatan antara petugas dengan warga terkait evakuasi harimau ini. Warga berharap harimau ini tetap berada di tempat hingga seluruh kawanannya ditangkap, karena warga yakin harimau yang mulai menampakan diri berjumlah tiga ekor.(eRJe)

Loading...