topikini.com@gmail.com

Festival Batuang di Payakumbuh, Apresiasi Seni dan Pelestarian Bambu

TOPIKINI.COM – Pemerintah kota Payakumbuh, Jumat (01/12/2017), menggelar festival batuang atau bambu di Aur Kuning kecamatn Payakumbuh Selatan kota Payakumbuh. Festival ini menampilkan hasil karya seni yang terbuat dari bambu. Selain untuk memberikan apresiasi kepada seniman batuang, juga sebagai upaya pelestarian tanaman bambu.

Festival batuang ini merupakan yang pertama digelar pemerintah kota Payakumbuh. Dengan menampilkan hasil-hasil karya seni dan kerajinan dari batuang, mulai dari busana dan pernak perniknya, hingga kesenian tradisional yang menggunakan batuang.

Festival batuang digelar, lantaran kota Payakumbuh merupakan salah satu sentra kerajinan yang terbuat dari bambu. Seperti anyaman tikar bambu, keranjang bambu dan sebagainya.

Lahirnya festival batuang ini, karna kolaborasi seniman-seniman Payakumbuh bersama pengrajin kerajinan bambu. Rencananya, pemerintah kota akan menjadikan festival batuang sebagai kalender pariwisata tahunan di kota ini.

“Ini adalah awal yang sangat baik untuk mengeksplor kota kita, selama ini batuang hanya sebagai objek penderita, hari ini bisa menjadi objek seni yang bernilai tinggi, dan dengan festival batuang ini kita emmberikan tempat bagi insan seni di Ranah Minang untuk berkarya,” ucap Erwin Yunas, wakil walikota Payakumbuh.

Selain menampilkan kesenian dan hasil karya dari bambu, juga ada penanaman pohon bambu, untuk melestarikan tanaman batuang agar tidak punah nantinya.(ju abdi)

Loading...

Tinggalkan Balasan