Berkeliaran, Warga Serahkan Kucing Hutan ke BKSDA Sumbar

30

TOPIKINI.COM – Seekor kucing hutan berjenis kelamin jantan, Minggu (18/03/2018) diamankan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumataera Barat, pasca diserahkan warga.

Kucing hutan yang diperkirakan berusia sekitar satu tahun ini, ditemukan saat berkeliaran dipemukiman warga dengan kondisi leher terikat. Diduga kucing ini merupakan peliharaan yang lepas dari pemiliknya.

Di kantor BKSDA,kucing ini diberikan obat penenang dan vitamin oleh tim kesehatan hewan BKSD. Setelah itu rencananya akan dilepaskan lagi ke habitatnya.

Saat ini kucing hutan tersebut masih dalam kondisi sehat dan menurut rencana akan kembali dilepas ke hutan pendidikan Universitas Andalas kawasan Limau Manis Padang. Kepala BKSD Sumbar Erly Sukrismanto mengungkapkan, kucing hutan merupakan jenis satwa dilindungi. Secara umum di Sumbar populasi hewan karnivora yang satu ini masih banyak.

“Ini hewan dilindungi, meski saat ini populasinya diperkirakan masih banyak, tapi kami menghimbau jika ada masyarakat yang memelihara kucing ini agar diserahkan kepada kami,” ucap Erly Sukrismanto, kepala BKSDA Sumbar.

BKSDA menghimbau masyarakat yang masih memelihara hewan dilindungi, agar diserahkan ke pihak berwenang. Pasalnya masyarakat yang memelihara hewan tersebut, bisa dijerat hukum.(Ju Abdi)

Loading...