Berburu Tupai di Padang Pariaman, Membasmi Hama Kebun Kelapa

TOPIKINI.COM – Warga Nagari Bisati Sungai Sariak, Kecamatan VII Koto, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat bersama komunitas berburu hama, menggelar acara berburu tupai di kebun kelapa milik warga, Hari Selasa (22/8). Tujuannya adalah untuk membasmi hama tupai yang menggerogoti tanaman kelapa milik warga.

Perburuan tupai dilakukan di kebun kelapa milik warga di Korong Pasir Lawas, Nagari Bisati Sungai Sariak, Kecamatan VII Koto, Kabupaten Padang Pariaman. Para pemburu yang tergabung dalam komunitas Kombatsena Shooting Club, dibantu warga, memburu tupai menggunakan senapan berburu.

Para penembak yang sudah sangat mahir berburu ini, dalam waktu singkat berhasil melumpuhkan tupai-tupai yang selama ini sangat meresahkan warga. Sebab tupai tersebut memakan buah kepala warga, sehingga banyak yang busuk dan tidak bisa dipanen.

Puluhan tupai hasil buruan

Tupai-tupai yang sudah dilumpuhkan tersebut, kemudian dikumpulkan. Ada sekitar seratus ekor tupai yang berhasil ditembak jatuh oleh para pemburu ini. Kegiatan ini rutin dilakukan oleh kombatsena dalam upaya membantu masyarakat memberantas hama, khususnya tupai.

“Kami sudah tiga kali berburu tupai di wilayah ini. Jumlahnya sekitar 100 ekor yang berhasil kami tembak. Lumayan untuk mengurangi hama yang mengganggu tanaman kelapa warga,” kata Jasril, Ketua Kombatsena Shooting Club kepada Topikini.

Kegiatan ini didukung penuh oleh ketua pemuda setempat. Dia bahkan berharap kegiatan serupa ini rutin dilakukan agar hama tupai benar-benar habis.

“Tupai di sini sangat meresahkan. Kami berterima kasih dengan kegiatan yang dilakukan Kombatsena. Moga-moga bisa berlanjut terus,” ujar Firdaus, Ketua Pemuda Nagari Bisati Sungai Sariak.

Kegiatan berburu tupai diakhiri dengan makan bersama, yang disediakan oleh kaum ibu Korong Pasir Lawas, sebagai tanda syukur atas kegiatan yang telah mengurangi hama tupai yang mengganggu tanaman kelapa milik warga selama ini. (ajisman)

Loading...
BAGIKAN

Apa pendapat anda tentang berita ini.?