Beda Satu Hari, Jamaah Syatariah Padang Shalat Idhul Adha Sabtu Pagi

TOPIKINI.COM – Ribuan jamaah Tarekat Syatariah di Padang, Sumatera Barat, melaksanakan shalat Idhul Adha pada hari Sabtu (2/9/2017) pagi. Mereka baru melaksanakan hari raya Idhul Adha sehari lebih lambat dari umat Islam lainnya berdasarkan hilal versi mereka sendiri.

Sekitar seribu jamaah Tarekat Syatariah memadati masjid Jami, Kelurahan Bungo Pasang, Kecamatan Koto Tangah, Padang, untuk melaksanakan shalat Idhul Adha. Jamaah memenuhi seluruh ruangan mesjid hingga meluber ke teras mesjid.

Para jamaah dari berbagai usia, melaksanakan shalat Idhul Adha dengan khusyu. Jamaah yang tidak tertampung di dalam mesjid, terpaksa melaksanakan shalat di teras mesjid. Usai melaksanakan shalat Idhul Adha, khatib membacakan khotbah Idhul Adha dalam bahasa arab. Ini merupakan ciri khas di Mesjid Jami ini, yang selalu menyampaikan ceramah Idhul Adha dalam bahasa arab.

Jamaah masjid Jami, baru melaksanakan shalat Idhul Adha, sehari lebih lambat dari ketetapan pemerintah, berdasarkan penglihatan hilal yang dilakukan oleh imam mesjid mereka sendiri. Menurut imam Mesjid Jami, ketika dilakukan pemantauan, hilal tidak tampak , sehingga jatuhnya bulan Zulhijah dibulatkan pada hari ini.

“Kami sebenarnya sama dengan pemerintah, juga melakukan pengamatan hilal pada hari Kamis. Namun karena hilal tidak tampak, makanya jatuhnya bulan Zulhijah kami bulatkan pada hari Sabtu ini,” kata Muchlis Tuanku Sutan Sati, Imam Mesjid Jami.

Usai melaksanakan shalat Idhul Adha, para jamaah antri menyalami para pengurus mesjid untuk saling berjabat tangan dan bermaaf-maafan. Tercatat ada Sembilan ekor sapi disembelih pada hari raya qurban tahun ini di Mesjid Jami ini. (dio)

Loading...
BAGIKAN

Apa pendapat anda tentang berita ini.?