Banjir, Pelajar SMA dan SMP di Padang Pariaman Dievakuasi

TOPIKINI.COM – Sekitar dua ratus lebih rumah dan sekolah di komplek Kasai Permai nagari Kasang kabupaten Padang Pariaman, Senin siang (21/08/2017) terendam banjir.

Pelajar SMAN 2 dan SMPN 4 Batang Anai yang ada di kawasan tersebut, terpaksa dievakuasi dari sekolah mereka menuju jalan utama. Pasalnya, ketinggian air di jalan mencapai satu hingga satu setengah meter.

Satu unit perahu karet dari BPBD Padang Pariaman, diturunkan untuk mengevakuasi warga dan pelajar. Air merendam lokasi ini sejak pukul satu siang hingga Senin petang.

Banjir terjadi akibat hujan lebat yang turun di muara sungai Batang Anai selama lebih kurang dua jam. Buruknya sistem drainase atau saluran air menuju laut, diduga menjadi penyebab luapan air.

Menurut warga, lokasi ini memang sudah menjadi langganan banjir setiap hujan lebat melanda daerah ini.

“Tadi hujan dari jam 10.30, paling hujan satu jam langsung banjir, karna saluran keluar airnya sempit jadi meluap airnya. Dan lokasi ini memang sudah langganan banjir,” kata Fitmaneli, warga Kasai permai.

Menurut anggota BPBD Padang Pariaman yang mengevakuasi warga, ketinggian air mencapai satu hingga satu setengah meter, sehingga pelajar di dua sekolah SMA 2 dan SMP 4 Batang Anai terpaksa dievakuasi.

“Air setinggi satu sampai satu setengah meter di jalan, jadi anak-anak sekolah ini minta dievakuasi terutama pelajar putri, sedangkan warga masih bersiaga di rumahnya,” tutur Z Syahputra, anggota BPBD Padang Pariaman.

Selain perumahan Kasai, banjir juga terjadi di kawasan Pantai Tiram Padang Pariaman dan sejumlah komplek perumahan di kota Padang. Tidak ada korban jiwa akibat peristiwa ini.(art)

Loading...
BAGIKAN

Apa pendapat anda tentang berita ini.?