topikini.com@gmail.com

Badai di Padang, ini Penjelasan BMKG

TOPIKINI.COM – Angin kencang yang beberapa hari belakang menyapu kota Padang, menurut BMKG adalah pengarus Siklon Tropis Dahlia.

Dikutip dari www.bmkg.go.id, Siklon tropis merupakan badai dengan kekuatan yang besar. Radius rata-rata siklon tropis mencapai 150 hingga 200 km.

Siklon tropis terbentuk di atas lautan luas yang umumnya mempunyai suhu permukaan air laut hangat, lebih dari 26.5 °C. Angin kencang yang berputar di dekat pusatnya mempunyai kecepatan angin lebih dari 63 km/jam.

BMKG memperkirakan, dampak dari Siklon Tropis di Indonesia pada tanggal 30 November 2017 yaitu terjadi hujan hujan sedang hingga lebat di pesisir barat Bengkulu hingga Lampung, Banten, DKI Jakarta dan Jawa Barat.

Angin kencang lebih dari 20 knot di pesisir barat Bengkulu hingga Lampung, Banten bagian selatan, dan Jawa Barat bagian selatan. Dan dampaknya juga dirasakan warga di Padang, Pesisir Selatan dan sekitarnya.

Gelombang laut dengan ketinggian 2.5 – 4.0 meter di Perairan barat Kep.Mentawai, Perairan Bengkulu, Perairan selatan Jawa Tengah.

Gelombang laut dengan tinggi 4.0 – 6.0 meter di Perairan P.Enggano, Perairan barat Lampung, Selat Sunda bagian selatan, Perairan selatan Banten hingga Jawa Barat, Samudra Hindia barat Lampung hingga selatan Jawa.(art)

Loading...

Tinggalkan Balasan