topikini.com@gmail.com

Antisipasi Gejolak, Pertamina Bentuk Satgas Natal dan Tahun Baru

Erry Widiastono tengah melakukan pengisian BBM

TOPIKINI.COM – Untuk mengantisipasi terjadinya gejolak permintaan BBM, LPG dan avtur selama liburan natal dan tahun baru, pihak Pertamina wilayah Sumatera I membentuk satgas Naru. Naru adalah singkatan dari natal dan tahun baru.

Hal itu diungkapkan GM Pertamina Marketing Operasi Region I Sumatera, Erry Widiastono kepada pers, Rabu (20/12) di Medan, dalam suatu konferensi pers terpadu dengan para wartawan di Medan (Sumatera Utara), Padang (Sumatera Barat), Banda Aceh (NAD), Pekanbaru (Riau) dan Batam (Kepri).

Menurut Erry, para satgas Naru ini bertugas memonitor situasi lokasi di wilayah kerja masing-masing dan mengantisipasi gejolak ketersediaan BBM, LPG dan avtur.

“Satgas ini bertugas selama 24 jam. Mereka bertugas di kantor pusat, cabang, terminal hingga ke depot-depot,” kata Erry Widiastono. Satgas ini bekerja sejak tanggal 18 Desember 2017 hingga tanggal 7 Januari 2017.

Selain membentuk satgas Naru, Pertamina juga membentuk kantong-kantong SPBU di sejumlah lokasi di lima propinsi di Sumbagut tersebut.

Pada setiap SPBU yang sudah ditentukan sebagai kantong-kantong, akan disediakan mobil tangki untuk berjaga-jaga. Tujuannya, jelas Erry, untuk mengantisipasi terjadinya keterlambatan kedatangan mobil tangki yang membawa BBM.

Sementara itu, Sigit Wicaksono, Sales Eksekutif Retail Pertamina Wilayah Sumatera Barat, menyebutkan bahwa kebutuhan BBM mencapai 3.800 KL per hari di Sumatera Barat.

Selama natal dan tahun baru, akan terjadi lonjakan permintaan, sehingga pihaknya telah menyiapkan BBM hingga 10 persen dari kebutuhan harian.

“Namun berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, kenaikan permintaan paling banyak hanya 5 persen,” kata Sigit Wicaksono.

Diprediksi, puncak konsumsi BBM akan terjadi dua kali, yaitu pada tanggal 23 Desember 2017 dan tanggal 3 januari 2018 mendatang. Saat itu, tingkat konsumsi naik berkisar 17 persen hingga 23 persen. (dio)

Loading...

Tinggalkan Balasan