Angin Putting Beliung Rusak Belasan Rumah di Padang

84

TOPIKINI.COM – Belasan rumah di Jalan Paus dan Jalan Buton, Kelurahan Ulak Karang Utara, Kecamatan Padang Utara, Padang, Sumatera Barat, porak-poranda bagian atapnya akibat diterjang anign putting beliung, Selasa (20/3) dini hari. Selain itu, kabel listik putus dan tiang telepon juga nyaris roboh karena terpaan angin yang kencang tersebut.

Angin putting beliung menyebabkan sebuah tiang listrik dan tiang telepon nyaris roboh, di Jalan Paus, Kelurahan Ulak Karang Utara, Kecamatan Padang Utara, Padang. Kondisinya sudah miring sekali. Bahkan kabel listriknya pun sudah menyentuh tanah. Warga terpaksa menutup sebagian badan jalan, agar pengguna jalan tidak mengalami musibah dengan kabel listrik yang turun tersebut.

Beberapa rumah di Jalan Buton, juga mengalami kerusakan, khususnya bagian dapur. Atap dapur diterbangkan angin kencang. Atap seng berhamburan di jalan dan selokan. Warga menyusun kembali atap seng yang berhamburan tersebut dan ditumpuk di satu tempat.

Angin kencang juga menyebabkan peralatan rumah tangga yang terletak di dapur, seperti rak piring, porak-poranda dibikinnya. Bagian atap dapur yang sudah menganga tersebut, menyebabkan air hujan masuk ke dalam rumah mereka, menyebabkan genangan yang cukup tinggi.

Peristiwa angin putting beliung ini terjadi selasa dinihari, di kawasan Ulak Karang Utara, Padang. peristiwanya berlangsung sangat cepat, ketika sebagian warga sudah terlelap. Untungnya tidak ada korban dalam perisitwa ini.
“Kejadiannya berlangsung tiba-tiba dan sangat cepat. Terdengar suara angin kencang, tak lama kemudian atap-atap rumah berderak-derak seperti mau lepas. Ternyata memang banyak atap rumah warga yang beterbangan,” ujar Syahrial, warga.

Petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Padang, langsung melakukan pendataan, ke rumah-rumah warga, termasuk mencatat jumlah kerugian yang ditimbulkan akibat bencana alam tersebut. (dio)

Loading...