Aduh..Ramai-Ramai Buang Kotoran Sapi di Sungai Batang Kuranji

TOPIKINI.COM – Salah satu persoalan saat pelaksanaan pemotongan hewan kurban adalah pembuangan kotoran yang ada dalam perut sapi. Di padang sungai Batang Kuranji menjadi lokasi salah satu tempatnya.

Pemandangan Intake PDAM Batang Kuranji di kecamatan Nanggalo kota Padang, Sabtu siang (02/09/2017) dipenuhi puluhan panitia kurban. Mereka ramai-ramai membersihkan isi perut sapi di sungai ini.

Jeroan sapi yang berisi kotoran seberat puluhan kilogram, dicuci bersih dan kotorannya dibuang disungai ini. Terang saja membuat sungai menjadi kotor dan berbau.

Menggunakan mobil bak terbuka, panitia kurban dari berbagai tempat, datang ke lokasi ini membawa paling sedikit lima ekor sapi masing-masingnya.

Seperti pak Buyung, panitia kurban di Gunung Pangilun ini membawa sembilan ekor jeroan sapi ke tempat ini untuk dibersihakn.

Menurutnya, lebih mudah membersihkannya di tempat air mengalir seperti di sungai ini dibanding di tempat pemukiman.

“Disini lebih mudah membersihkannya, karna airnya mengalir. Tempat kami sembilan ekor sapi kurban,” ucap pak Buyung.

Meski kegiatan ini dipantau oleh pihak kemanan, namun polisi tidak melarangnya.

“Sebenarnya kan tidak boleh, tapi bagaimana lagi, inikan lagi hari raya kurban,” kata Iptu Sukasmi, kanit Samapta Polsek Nanggalo.

Jika semua panitia kurban membuang kotoran sapi di sungai batang Kuranji ini, tentu saja membuat sungai menjadi tercemar. Namun sampai detik ini, belum ada pihak yang memprotes aktifitas tersebut.(art)

Loading...
BAGIKAN

Apa pendapat anda tentang berita ini.?