4000 Aparat Amankan Libur Natal dan Tahun Baru di Sumbar

5

TOPIKINI.COM – Dua pertiga anggota polri di Polda Sumatera Barat, atau sekitar 4.000 personil, dikerahkan untuk mengamankan perayaan natal 2017 dan tahun baru 2018. Hal utama yang diwaspadai adalah gangguan terorisme karena hal seperti ini sering terjadi di daerah-daerah lain.

Kapolda Sumatera Barat, Irjen polisi Fakhrizal, memimpin apel gelar pasukan operasi lilin pengamanan natal dan tahun baru di lapangan Imam Bonjol, Padang, Kamis (21/12) pagi.

Kapolda menyebut bahwa sebanyak dua pertiga dari anggota polda Sumatera Barat, atau sekitar 4.000 orang personil dilibatkan dalam mengamankan perayaan natal 2017 dan tahun baru 2018 tersebut.

Hal utama yang diantisipasi adalah gangguan terorisme. Sebab, menurut Kapolda, hal seperti ini kadang terjadi di wilayah lain, sehingga tidak tertutup kemungkinan juga bisa terjadi di wilayah hukum Sumatera Barat.

Apalagi, gangguan terorisme juga pernah melanda wilayah hukum Polres Dharmasraya, dengan peristiwa dibakarnya Mapolres Dharmasraya pada bulan November lalu.

Peresmian operasi lilin ditandai dengan pemasangan pita kepada perwakilan satuan, yaitu perwakilan polisi militer, perwakilan polisi, perwakilan dinas perhubungan dan perwakilan polisi pamong praja.

“Kami mengantisipasi ancaman terorisme. Sebab, hal-hal seperti ini kerap terjadi di daerah-daerah lain. Kami juga akan melakukan sterilisasi di gereja-gereja agar prosesi ibadat berjalan lancar,” kata Irjen Pol Fakhrizal, Kapolda Sumatera Barat.

Operasi lilin dilaksanakan dari tanggal 23 Desember 2017 hingga tanggal 1 januari 2018. (dio)

Loading...