topikini.com@gmail.com

18 Orang Calon Komisioner KPID Sumbar Diuji DPRD

TOPIKINI.COM – Setelah sempat terhenti hampir setahun, proses seleksi calon komisioner Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Sumatera Barat untuk masa tugas tiga tahun ke depan kembali dilanjutkan.

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat melalui komisi I melakukan uji kepatutan dan uji kelayakan (fit and proper test) terhadap calon komisioner KPID masa tugas 2018-2021, Sabtu (25/11/2017). Sebanyak 18 calon diuji oleh tim seleksi yang dipimpin Ketua Komisi I DPRD Sumatera Barat, Achiar Bagindo Mole.

“Peserta yang akan diuji sebanyak 18 orang dari semula sebanyak 21 orang. Dua orang sudah menempati pos lain sementara satu orang peserta sakit dan mengundurkan diri,” kata Achiar.

Dari 18 orang ini, katanya, akan diseleksi untuk mendapatkan tujuh calon yang akan ditetapkan sebagai komisioner KPID. Tujuh nama yang berhasil lolos fit and proper test akan disampaikan kepada gubernur melalui pimpinan DPRD untuk di-SK-kan.

Achiar mengakui, proses seleksi sempat tertunda selama hampir satu tahun, karena adanya aturan mengenai Organisasi Pemerintah Daerah (OPD). Namun, pada tahun ini bisa dilanjutkan kembali dan berharap paling lambat pekan ketiga bulan Desember mendatang sudah ada keputusan.

“Prosesnya sempat terhenti hampir setahun namun bisa dilanjutkan kembali dan kami tentu berharap bisa ditetapkan secepatnya, paling lambat pekan ketiga Desember mendatang,” tambahnya.

Dalam menentukan calon peserta yang akan menduduki jabatan komisioner KPID, Achiar menegaskan kapasitas dan kapabilitas calon menjadi pertimbangan utama. Tim Seleksi akan melakukan uji secara ketat agar komisioner KPID ke depan adalah orang-orang yang benar berkompeten.

Dia mengungkapkan, KPI merupakan lembaga yang memiliki peran strategis melakukan pengawasan terhadap lembaga penyiaran. Pengawasan terhadap konten yang disiarkan lembaga penyiaran harus dilakukan agar masyarakat mendapatkan tontonan atau informasi yang positif dan mencerdaskan.

Dia berharap, komisioner KPID terpilih nantinya dapat melaksanakan tugas sesuai dengan amanah undang-undang serta ikut mendorong kemajuan pembangunan Sumatera Barat melalui kontrol terhadap lembaga penyiaran yang sesuai dengan tujuan pembangunan bangsa.

Tim Seleksi terdiri dari seluruh anggota Komisi I DPRD Provinsi Sumatera Barat yaitu Achiar (Ketua Komisi), Sabrana (Wakil Ketua Komisi), Ahmad Rius (Sekretaris Komisi). Kemudian Aristo Munandar, Asrul Tanjung, Syafril Ilyas, Irsyad Syafar, Rahayu Purwati, Apris serta Taufik Hidayat sebagai anggota. (dio)

Loading...

Tinggalkan Balasan